3 Alasan Mengapa Ground Zero Legian Harus Masuk Daftar Kunjungan Pertama Kamu di Bali

November 30, 2017
Wisata Bali

Ground Zero Legian merupakan destinasi yang tidak boleh dilewatkan oleh siapapun yang berencana menghabiskan liburan di Bali. Bali dengan sejuta pesonanya memiliki banyak tempat wisata indah dan terkenal. Namun, diantara semua tempat wisata tersebut, monumen ini lah yang dinilai mampu menghadirkan suasana wisata yang berbeda. Bahkan, sangat direkomendasikan untuk langsung memilihnya dalam kunjungan wisata pertama.

Berikut ini 3 alasan kenapa Ground Zero Legian harus dikunjungi.

  1. Sejarah

Monumen ini dibangun sebagai bentuk penghormatan bagi para korban bom Bali. Bagi yang lahir sebelum tahun 2002, pasti mengetahui tragedi ini. Tragedi bom Bali menjadi salah satu kejadian di tahun tersebut yang tidak hanya menjadi duka nasional, tapi juga dunia. Tepatnya, tragedi tersebut menghancurkan Paddy’s Pub dan menelan hingga 202 korban jiwa. Peristiwa ini, juga lebih dikenal dengan Bom Bali 1, karena kejadian pembomannya terjadi sebanyak 2 kali. Walaupun peringatan Bom Bali 1 diperingati setiap tanggal 12 Oktober, namun pengunjung tetap bisa datang ke tempat wisata bersejarah ini kapan saja.

Saat datang ke sini, kita bisa membawa bunga sebagai bentuk penghormatan. Kita dapat melihat nama-nama korban berikut beberapa fotonya dalam plakat besar di monumen tersebut. Jangan lupa, di tempat ini sebaiknya kita juga turut merenungkan makna di balik kejadian yang sangat menyakitkan tersebut. Bahwasannya, terorisme bukanlah hal yang baik apalagi menyelesaikan masalah. Membunuh satu orang saja sudah merupakan dosa besar, apalagi membunuh banyak orang yang tidak tahu menahu kenapa mereka harus menjadi korban dari kekejaman tersebut. Monumen ini akan mengajak kita pada sebuah perenungan yang mendalam mengenai apa arti kemanusian hingga toleransi dalam kehidupan, baik bernegara dan beragama. Terorisme tidak diajarkan dalam agama apapun dan tidak dibenarkan.

  1. Hiburan

Lokasi Ground Zero Legian berada di wilayah yang strategis. Lokasinya ramai hingga malam hari. Hampir di sepanjang jalan, terdapat hotel, tempat makan, diskotik, dan bar. Cocok untuk pecinta hiburan malam yang tidak ingin melewatkan suasana malam di Bali. Jadi, kalau datang ke monumen malam hari, pulangnya bisa langsung mampir ke tempat-tempat hiburan atau tempat makan di sekitarnya.

  1. Akomodasi

Masalah akomodasi untuk wisata di Bali memang tidak perlu diragukan. Semuanya gampang ditemukan. Namun, khusus untuk akomodasi di sekitar Ground Zero Legian ini lebih mudah. Untuk tempat menginap, banyak hotel dan penginapan di sekitarnya. Tempat menginap ini bisa kita pesan lebih dahulu atau pesan dadakan begitu datang. Reservasi terlebih dahulu merupakan salah satu pilihan terbaik apalagi saat musim liburan, karena penginapan di Bali pasti penuh. Dengan reservasi terlebih dahulu, begitu tiba di Bali kita bahkan bisa langsung menuju wisata tanpa perlu khawatir tidak kebagian kamar saat ke penginapan.

Demikian juga jika ingin mencari tempat makan atau berwisata kuliner, kita bisa mencoba berbagai menu di restoran atau café-café terkenal yang ada di sekitar wilayah monumen tersebut. Khusus untuk kendaraan, karena termasuk kawasan wisata dengan banyak pengunjung, disarankan untuk tidak membawa kendaraan sendiri. Lebih baik naik taksi, menggunakan supir, atau sewa mobil dan supirnya. Sehingga, kita tidak perlu kesulitan mencari tempat parkir dan bisa langsung menikmati keindahan di monumen dan sekitarnya. Bagi yang penginapannya dekat, akan sangat menyenangkan jika memilih jalan kaki untuk sampai ke monumen. Selain bisa sambil melihat-lihat kawasan sekitar, kita juga bisa sekalian berinteraksi dengan warga Bali dan wisatawan lainnya.