Lake Beratan Bedugul – Kawasan Wisata Danau dengan Pura

November 25, 2017
Wisata Bali

Buat kamu yang menyukai wisata ke kawasan pantai atau perairan, sekali-sekali berwisatalah ke kawasan Danau Beratan di Bedugul, Bali. Lake Beratan Bedugul berada di ketinggian 1.239 di atas permukaan laut. Danau ini memiliki luas sekitar 375,6 hektar dengan kedalaman sekitar 22 s.d 48 meter. Dengan keliling danau mencapai 12 km, Danau Beratan adalah danau dengan luas kedua terbesar di Bali, setelah Danau Batur. Selain berfungsi sebagai danau irigasi ke kawasan persawahan di Bali bagian tengah, danau ini tentu juga sangat cocok menjadi alternatif wisata buat kamu yang sudah sering berlibur ke kawasan pantai.

Danau Beratan, Danau dengan Pemandangan yang Mempesona

Danau Beratan, atau Danau Bratan yang berada di kawasan wisata Bedugul ini memiliki daya tarik hawa yang sejuk dan segar. Suasana yang menyejukkan tentu cocok untuk menjadi penyeimbang, jika selama ini kamu sudah cukup lama menghabiskan waktu di kawasan pantai seperti di Kuta atau Sanur.

Kawasan ini juga punya kecantikan yang tidak kalah dengan pantai di sekitar Bali. Kamu akan menjumpai Pura Ulun Danu yang dibangun di tengah danau, dan pemandangan alami yang menyegarkan mata, yaitu pepohonan cemara dan bunga-bunga berwarna-warni yang tumbuh, serta rerumputan di sekitar kawasan danau. Rusa dan kijang juga ikut mempertegas kedamaian di kawasan danau ini.

Kawasan danau ini dikelola dengan baik, dengan diperhatikannya fasilitas yang dibutuhkan wisatawan yang datang, di antaranya pengadaan toilet dan lahan parkir yang memadai, juga taman bermain untuk anak-anak. Dengan begitu, kamu bisa mengajak anak untuk ikut berlibur, menikmati kesegaran suasana danau, tentunya asal anakmu tetap dalam pengawasanmu.

Pura Ulun Danu Beratan

Pura yang dibangun di tengah danau ini tampak unik. Selain karena dibangun di tengah danau, Pura Ulun Danu dibangun dengan ciri khas Bali, yaitu bangunan dengan atap bertingkat; atap 11 tingkat, 7 ringkat dan 3 tingkat. Jumlah itu adalah simbol dari 3 dewa yang ada dalam keyakinan Hindu: Dewa Wisnu (11 tingkat), Dewa Brahma (7 tingkat) dan Dewa Siwa (3 tingkat).

Aktivitas di Kawasan Wisata Lake Beratan Bedugul

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan di kawasan wisata? Tentu tidak mungkin semua wisatawan yang datang hanya bersantai duduk-duduk sepanjang waktu. Di kawasan danau ini sudah begitu sejuk, beda dengan udara di pantai yang hangat.

Di kawasan danau ini disediakan speed boat yang bisa kamu sewa untuk berkeliling danau. Selain itu, Danau Beratan yang sangat instagramable sangat menarik untuk kamu jadikan background foto yang keren dan tentunya menaikkan gengsimu sebagai traveler yang menikmati liburan di Bali. Tips agar fotomu lebih menarik lagi adalah, datang ke kawasan danau lebih pagi. Kawasan dengan wisatawan yang masih sepi akan membuatmu lebih leluasa memilih spot-spot yang paling menarik. Kamu tidak akan terganggu dengan foto orang lain yang ikut terbidik, padahal kamu sedang ingin berfoto sendiri saja.

Cara Mencapai Lokasi Danau Beratan Bedugul

Kawasan Danau Beratan ini ada di Jalan Raya Candi Kuning – Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Untuk mencari lokasi danau dengan Pura Ulun Danu di bagian tengah sebenarnya relatif mudah, karena danau ini terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Buleleng.

Sementara untuk berwisata ke tempat lain yang berdekatan dengan kawasan lokasi Lake Beratan Bedugul ini, kamu bisa berkunjung ke beberapa tempat seperti:

  • Kebun Raya Bedugul, Bali. Kebun yang dikenal dengan berbagai macam tanaman buah ini digemari anak-anak karena wisata petualangannya, dengan aktivitasnya yaitu Bali Treetop. Udaranya sejuk, dan kebunnya tertata rapih. Lokasinya juga tidak jauh, 300 meter dari Danau Beratan.
  • Tempat membeli Oleh-oleh Khas Bali: Joger, di Bedugul.
  • Rice Terrace Jatiluwih, terasering sawah dengan pemandangan hijau luas.