Selain Pantai, 5 Wisata Bali Rafting ini Gak Kalah Seru

December 5, 2017
Wisata Bali

Bali Rafting, sebuah aktivitas yang wajib dijajal saat liburan di Bali. Walaupun terkenal dengan pantainya, namun Bali memiliki banyak sungai dengan air jernih dan arus menantang yang bisa dijadikan sarana bagi kegiatan rafting. Kebersihan sungai-sungai di Bali tidak lepas dari kesadaran masyarakatnya akan pentingnya menjaga kebersihan alam. Sehingga, sungai-sungai tersebut bisa dimanfaatkan, baik air maupun pemandangannya.

Berikut ini, ada 5 sungai di Bali yang menyediakan fasilitas kegiatan rafting tersebut.

  1. Sungai Ayung

Rute rafting di sungai ini mencapai 12 km. Arus airnya cukup deras dan tanpa henti. Adrenalin kita akan dipacu selama mendayung, karena badan kita akan basah oleh terpaan arus yang tanpa henti tersebut. Rafting termasuk olahraga menantang yang sangat beresiko. Oleh karena itu, di sini hadir instruktur yang siap menemani perjalanan mengarungi sungai dengan perahu tersebut agar perahu tidak terbalik atau terbentur batu yang dapat membahayakan keselamatan para penggunanya. Untuk fasilitas rafting termasuk dengan instruktur atau pembimbing tersebut, per orangnya dikenakan biaya 400 ribuan.

  1. Telaga Waja

Kebersihan air di sungai Telaga Waja akan menyejukan mata setiap yang melihatnya. Bahkan, kebersihan air ini hadir di sepanjang rute rafting sejauh 16 km dengan arus yang cukup deras dan menantang. Sepanjang perjalanan rafting, suguhan pemandangan alam di sekitar sungai berupa area pesawahan dan kebun-kebun masyarakat lokal akan menambah kesejukan suasana di sungai tersebut. Selain itu, sungai ini juga memiliki 3 air terjun yang akan dilewati selama rafting yang mampu memacu adrenalin lebih tinggi lagi. Dari segi biaya, sedikit lebih mahal dari rafting di Sungai Ayung, yaitu sekitar 450 ribuan.

  1. Sungai Melangit

Di Sungai Melangit, hawa sejuk dan pemandangan khas desa juga menjadi suguhan alamnya. Airnya sangat dingin, mampu menyegarkan tubuh selama mengarungi rute rafting sepanjang 7,5 km. Kehadiran air terjun juga menawarkan pemandangan yang berbeda karena suara aliran airnya akan saling bersahutan bersama kicauan burung dari hutan di sekitar sungai tersebut. Bagi yang terbiasa dengan kebisingan dan polusi di perkotaan, nuansa alam ini dinilai mampu merilekskan pikiran dan menghilangkan stress. Biaya rafting di sini juga standar, 450 ribuan per orang.

  1. Sungai Pakerisan

Sungai Pakerisan berada dekat Istana Tampaksiring. Panjang rutenya hanya 4,5 km. Namun demikian, rafting di sini tetap memacu adrenalin dan memanjankan mata. Suasananya sejuk dan segar dengan pemandangan alam yang indah. Arusnya tidak terlalu deras, sehingga lebih aman bagi yang baru pertama kali mencoba rafting. Dari segi biaya, dibanding ketiga biaya rafting ketiga sungai sebelumnya, di sini lebih murah. Biayanya tidak sampai 300 ribu.

  1. Sungai Petanu

Sungai Petanu memiliki air yang jernih. Untuk kegiatan rafting, sungai ini dinilai cukup menantang karena banyak batu yang akan menjadi bagian dari rute perjalanannya. Jika sungai-sungai sebelumnya menawarkan pemandangan alam sekitar berupa sawah dan perkebunan, maka sungai ini menawarkan tebing-tebing tinggi yang curam.

Untuk menguji nyali di kelima sungai-sungai Bali Rafting di atas, wisatawan sangat disarankan untuk tidak hanya menyiapkan budget tapi juga mental. Mantapkan diri, jangan setengah-tengah agar kegiatan rafting ini menjadi kegiatan yang menyenangkan, bukan menakutkan. Sehingga, dengan kenyamanan tersebut, resiko-resiko yang membahayakan diri pun bisa diminimalisir.