Wisata Bali Bukan Hanya ke Pantai

November 1, 2017
Wisata Bali

Dear Traveler, kamu tentu tahu, sebagai tujuan favorit Bali mempromosikan banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dan dari sekian obyek wisata Bali, memang pantai dan laut termasuk dominan. Bahkan saking terkenalnya, seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur dan pantai lainnya, kadang para wisatawan justru terobsesi untuk mengunjungi pantainya, berjemur dan menikmati keindahan pantai dan sunsetnya. Selebihnya, belum tentu semua wisatawan tahu apa lagi yang bisa dilakukan di Bali.

Pastinya, dalam menikmati liburan pada lokasi wisata, kita tidak hanya tergantung pada tujuan wisatanya saja. Agar dapat menikmati secara maksimal waktu liburan, kita juga perlu mood, selera untuk menikmati secara kreatif. Gimana kalau kita coba terapkan saat menikmati wisata di Bali?

Eksplorasi Lebih Luas!

Pastinya, Bali yang bukan hanya pantai saja sudah menandakan bahwa Bali itu tidak monoton. Bagi kamu yang mungkin ingin menikmati liburan selain bermain-main atau beristirahat di pantai, jangan khawatir ‘kehabisan persediaan gaya’ di sini. Kalau kamu lebih jeli, lebih banyak mencari tahu info, banyak destinasi wisata yang tak kalah seru bisa kamu lakukan bersama teman seperjalananmu.

Misalnya saja, mengunjungi Goa Gala Gala yang berada di Nusa Lembongan. Berkunjung ke sebuah rumah goa atau “underground house” yang sudah dibangun sejak 1961 sedikit banyak memberimu pengetahuan, bahwa goa bawah tanah ini dibangun oleh seorang dalang yaitu Mangku Byasa, dengan kedalaman mencapai 7 meter. Selain akan melihat langsung peninggalan Goa Gala Gala itu sendiri, kamupun otomatis akan melihat juga keindahan alam Nusa Penida.

Selain Goa Gala Gala, kamu juga bisa mengunjungi Istana Air Taman Ujung, di kawasan Karangasem. Seperti Goa Gala Gala, obyek wisata Istana Air yang berada di Taman Soekasada ini adalah sebuah situs. Peninggalan yang diwariskan oleh Raja Karangasem ini sudah dibangun sejak 1909 dengan memadukan keahlian 3 orang arsitek, yaitu Van Den Hentz asal Belanda, Loto Ang asal Cina dan arsitek asal Bali. Dengan mengunjungi Istana Air, selain mendapat pengetahuan, kamu juga akan menikmati alam Bali yang sangat cantik, yangbisa kamu lihat dari puncak. Selain itu pastinya kamu juga mendapat spot yang sangat menarik untuk melihat-lihat sekaligus berfoto.

Tantang Adrenalinmu!

Selain melihat-lihat obyek wisata yang memberi nilai sejarah, wisata Bali pastinya juga menawarkan aktivitas yang menantang adrenalin. Kenapa tidak mencobanya? Menantang adrenalin bisa mengurangi stres, lho! Tapi itu memang tergantung mindset dalam melakukannya. Menanggalkan rasa takut, mempercayakan dirimu aman setelah memastikan persiapan yang matang. Misalnya saja, ketika kamu ingin mengambil tantangan parasailing, kamu tentu perlu memastikan ada guide yang akan membantumu, lalu kesiapan perlengkapanmu seperti helmet, dan sebagainya.

Jika semua sudah dilakukan dengan sempurna tentu tidak perlu lagi sikap paranoid mengganggu kenyamananmu, bukan? Dengan bersikap terbuka dengan tantangan, kamu akan merasakan sensasi yang menyenangkan saat menyaksikan keindahan Bali dari ketinggian, sekaligus perasaan fresh dan antusiasme juga muncul kembali untuk kembali ke dunia kerja. Tantangan olahraga ekstrim yang lain tentunya perlu kamu pikirkan juga sisi tantangan dan sisi kesanggupanmu.

Spiritual Journey Selama Liburan

Wisata spiritual yang dimaksud di sini adalah mengambil kesempatan untuk merasakan dan menikmati ketenangan. Dengan memaksimalkan kesadaran ini, kamu merasakan energi positif yang memancar. Dari situ saja pastinya kamu tahu, perjalanan wisata spiritual berbeda dari sekadar bersenang-senang. Melainkan menambah agenda perenungan di dalamnya.

Caranya melakukan perjalanan spiritual dalam wisata Bali ini, salah satunya adalah dengan berjalan-jalan ke kawasan pedesaan yang sudah menjadi kawasan wisata. Dengan mengunjungi desa, kamu tentu akan bertemu penduduk dan melihat rumah-rumah, alias kehidupan mereka yang sesungguhnya. Berinteraksi adalah kegiatan yang efektif dalam wisata spiritual. Dengan menyapa, meghaturkan senyum, maka antara dirimu dan lawan bicara akan merasakan aura positif yang meningkatkan energi karena rasa bahagia.